Mar 132015
 

Bila sedang berpikir keras atau sedang merasakan sesuatu dihati yang amat serius, tanyakanlah pada diri:

Apakah semua ini akan menyelesaikan masalah atau malah menambah masalah?
Apakah Alloh ridho dengan pikiran, perasaan ini atau tidak?

Mudah-mudahan kita tidak terjebak, larut dan hanyut oleh pikiran dan perasaan yang merusak dan menjauhkan dari Alloh.

Bagi yang ingin di cintai Alloh, juga dicintai manusia inilah kuncinya.

Dari Abul ‘Abbas, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idi radhiallahu ‘anhu, ia berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lalu berkata: ‘Wahai Rasululloh, tunjukkanlah kepadaku suatu perbuatan yang jika aku mengerjakannya, maka aku dicintai Alloh dan dicintai manusia’. Mk sabda beliau : ‘Zuhudlah engkau pada dunia, pasti Alloh mencintaimu dan zuhudlah engkau pada apa yang dicintai manusia, pasti manusia mencintaimu”. (HR. Ibnu Majah no.4102)

“Orang yang beriman itu berkata: “Hai kaumku, ikutilah aku, aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang benar. Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS. Ghafir: 38-39)

Zuhud kepada dunia: bukan berarti tak berharta, tapi sama sekali tak diperbudak dunia ini, ada ditangan namun tak ada di hati.

Lebih yakin dengan apa yang ada di sisi Alloh daripada yang ada di genggamannya.

Zuhud terhadap apa yang ada ditangan orang; sama sekali tak menginginkan, berharap dan bergantung kepada orang lain.

Jumat penuh barokah dan rohmah, semoga Alloh melimpahkan barokah dan rohmah Nya kepada kita dan orang orang yg kita cintai dan mencintai Alloh & kita, aamiin.

Semoga Bermanfaat.
:)❤👍                                          Kiyai hj raden Muhammad Kholil syarifuddin Adzamatkhan MA –       Pengasas Dakwah Walisongo

 Posted by at 5:55 am
Apr 102014
 

Metode dakwah yg di terapkan walisongo ketika menyebarkan Islam di tanah jawa yg paling sukses & bisa kita rasakan manfaatnya sampai saat ini adalah sistem pendidikan pondok pesantren, sang pelopornya adalah Sayyid Ahmad Rohmatulloh Azmatkhan, atau yg populer dg gelar Raden Rahmat sunan ampel, yg beliau rintis dg membangun sebuah masjid di ampel delta surabaya, bukan hanya berfungsi sebagai tempat sholat, namun masjid ini multifungsi, utamanya sebagai pusat keilmuan & pengatur strategi dakwah.
Berawal dari pondok pesantren ampel delta ini, yg di pelopori kanjeng sunan ampel, maka hingga ratusan tahun berikutnya, sampai saat ini keberkahan beliau betul2 bisa dirasakan kaum muslimin Indonesia, jika anda teliti dg seksama 98% perintis, penerus & pengasuh seluruh pondok pesantren & tokoh2 Islam di Indonesia khususnya di pulau jawa merupakan anak cucu walisongo.
Periode setelah walisongo anak cucu mereka tidak lagi di sebut dg panggilan kehormatan ” sunan ” ,namun masyarakat lebih memilih menggunakan nama ” kiyai ” atau ” gus ( jawa ) & Lora ( madura ). Garis keturunan walisongo tercatat rapi dalam setiap anak cucunya, setiap bani2 yg aktif melakukan pertemuan silaturrohim keluarga, senantiasa melakukan pencatatan nasab , khusus di jawa saja keturunan walisongo mencapai berjuta2 orang.
Pesantren yg di kembangkan kanjeng sunan ampel di waktu itu sudah mengalami kemajuan luar biasa, sistem pendidikan pesantren sudah terbukti sejak ratusan tahun yg lalu mampu menjadikan manusia sebagai hamba yg paripurna, dari sistem pendidikan semacam ini pula kerajaan hindu terbesar di Indonesia Majapahit bisa di tumbangkan. Sistem pendidikan pesantren bersumber dari sistem pendidikan Rosululloh, bersumber dari wahyu yg sdh terbukti mampu menguasai dunia lebih dari seribu tahun, hingga zaman saat ini sungguh aneh jika kita menganggap sistem pendidikan seperti ini sudah tidak sesuai dg zaman & perkembangannya.Sistem pendidikan yg bersumber dari wahyu pasti kebenarannya & pasti cocok dg segala zaman & perubahannya.Sebagaimana Al-Quran sebuah sistem kehidupan yg pasti sesuai & cocok sebagai petunjuk hidup menuju kesuksesan dunia & akhirat.

Mar 182014
 

Burung besi airbus melandai, mengurangi kecepatan terbangnya, cuaca surabaya begitu cerah, mentari menuju peraduannya, ufuk barat nampak memerah bak bara api, sedikit demi sedikit malam menyelimuti, lampu2 kota berkelip, nampak lalu lalang kendaraan di jalanan surabaya, rumah2 penduduk terlihat berjejer tak teratur, kota surabaya yg penuh kenangan para pahlawan, mengusir & melawan penjajah.
Burung besi itu semakin menurun, ada suara sang pilot ,” we want to Landing “, sabuk pengaman para penumpang mulai di pasang erat, pramugari sibuk ke depan & kebelakang memeriksa kursi & sabuk pengaman para penumpang, setelah beberapa menit pesawat itu menyentuh daratan, terasa sedikit goncangan, pak ahmad menarik nafas lega, “Alhamdulillah, ” kalimat syukur terucap.
” Selamat datang di bandara juanda surabaya, Terimakasih karna anda memilih terbang bersama kami Garuda Indonesia, semoga anda selamat sampai tujuan, sampai jumpa lagi..”
suara pramugari memecah suasana.
Pak Ahmad & Tansri Fulan menurunkan tas2 yg di letakkan di bagasi dalam pesawat, penumpang berantrian keluar menuju ruang bandara Juanda surabaya, mereka langsung menuju pemeriksaan imigrasi, setelah pemeriksaan passport selesai mereka menuju ruang bagasi untuk mengambil bawaan mereka, di dorongnya troli hijau dg perasaan berbunga2, sesekali menyapa orang2 yg menunggu bawaan mereka, tansri mencari tempat duduk di ujung ruangan, sambil menghidupkan smartphone yg -+ 1 jam dari Jakarta di matikan dalam penerbangan, ada beberapa sms masuk, dibukanya satu persatu sms2 yg masuk, tansri bahagia ada sms dari Aisyah putrinya, ” Assalam Ayah, how are you ? where are you now ? your angle alwasy love you so full …
Bersambung ..

image

Mar 172014
 

         Para penumpang pesawat Garuda GA 313 dg tujuan surabaya di mohon memasuki pesawat , ” suara penyiar keberangkatan pesawat terdengar melengking, memecah kesibukan para penumpang, Tansri & pak Ahmad bergegas maju ke depan, menyodorkan tiket pesawat masing2 kpd petugas bandara & Garuda Indonesia airways, mereka di sambut pramugari2 cantik yg tinggi putih dg senyum renyah tersungging, mempersilah setiap penumpang , memasuki kabin pesawat GA313, tansri & pak ahmad nampak duduk di kursi first class, sesekali pramugari melihat lihat pak Ahmad, mungkin wajah, pakaian & penampilannya kayak gak pas jika duduk di kursi first class, tapi pak ahmad cuek saja menyikapinya, ” banyak orang berpenampilan parlente, sepatu mengkilap, jaz mewah dg setelan dasi mencolok, baju bermerek, bahkan kayaknya made in luar negeri padahal produk cibaduyut Bandung, wajah tampan, tinggi besar,  tapi dompetnya kurus alias kosong, alias ” kere “, kata pak ahmad dalam hati, bahkan aku pernah berjumpa orang orang suku tengger di lereng gunung semeru, Lumajang Jawa Timur yg penampilannya gak meyakinkan banget, seperti orang miskin, tapi banyak yg kaya, bahkan pernah suatu saat ada kisah nyata, salah satu orang tengger datang ke kota Lumajang & masuk showroom mobil mewah, dia memegang2 salah satu mobil mewah, melihat hal itu si pemilik toko seorang china, berkata dg sinis,  ” Kalo kamu yg beli mobil ini sy akan diskon 70% dg nada menghina, sontak kejadian itu jadi perhatian para calon pembeli.
       Merasa terhina, orang tengger itu mendekati pemilik toko, betul kah yok ? iya betul , jawab sang pemilik toko, berapa harga mobil ini ? kata orang tengger itu, harga aslinya Rp350juta, khusus kamu sy diskon 70%, dg santai orang tengger itu mengambil uang yg di lipat2 kecil di sarungnya, di pinggir kopyah hitamnya, di saku celana pendeknya, di lipatan2 baju kusutnya, Alhasil uang itu lebih dari harga mobil itu, china pemilik showroom itu tertegun, karna di saksikan banyak orang, dia malu akan mengingkari janjinya, akhirnya kereta baru itu di bawa pulang orang tengger itu .. ingat cerita nyata itu pak ahmad tersenyum & bertambah PD ..( percaya diri ) ..
Bersambung …

Mar 162014
 

Tansri Fulan termenung dalam keheningan hati , orang2 yg berlalu lalang di bandara soekarno – hatta Jakarta bagai tak nampak, sesekali dia memandang photo gallery dalam smartphone samsung note 2 miliknya, dia pandangi satu persatu orang orang dalam photo itu, isteri tercinta datin Syahira binti Mat Jalil tampak memakai baju melayu hijau dg kaca mata hitam besar, tapi tansri sepertinya memusatkan pandangan pada gadis kecil dalam gendongan datin, Aisyah anakku sayang ,” tiba2 tansri menarik nafas panjang, sangat nampak dari wajahnya terpancar rasa cinta yg begitu mendalam, cinta seorang ayah pada putrinya, cinta yg tiada batas waktu & tempat .

Ada pepatah,” Jika anak tercebur sumur, orang tua langsung akan melompat untuk menyelamatkannya, tanpa berpikir akan keselamatan dirinya, tapi jika orangtua terjatuh dalam sumur , maka anaknya masih akan mencari ” tangga ” untuk menolong orangtuanya, dia juga tak memikirkan jika terlalu lama akan menyebabkan kematian orangtuanya.

Apalagi zaman sekarang, anak-anak sudah banyak yg tak lagi menghormati orangtua, memukul bahkan ada yg membunuh orangtuanya, ” ini betul2 zaman akhir, sekejap lagi kiamat, ” pikir tansri dalam hati, tapi aku bersyukur pada Alloh, putriku semata wayang ” Aisyah ” beza dg anak lainnya, dia anak yg baik, tak pernah melawan & mengecewakan aku & ibunya, dia sangat menghormati kami, ” tansri terkenang masa-masa indah bersama aisyah putri tercinta …

Bersambung …

Mar 162014
 

Sahabat …

Jangan sekali-kali anda ” Negative thinking ” atau lebih berbahaya ” negative feeling ” pada segala yg Alloh tetapkan, Jangankan kpd Alloh, kepada sesama manusia saja jika kita mudah berburuk sangka, maka bukan respon baik yg kita dapatkan, tapi bisa di pastikan respon yg negatif, Dunia ini Alloh cipta dg hukum tarik menarik, maka jika anda melempar cinta & kasih sayang, maka anda akan menarik & menuai hasilnya .

Jika anda melempar umpan kebaikan setiap saat dg penuh cinta maka anda akan mendapatkannya juga, bahkan lebih indah & lebih baik. Isi setiap langkah dalam hidup anda dg senantiasa ” Berbaik sangka ” pada siapapun juga, maka anda akan mendapatkan keajaiban ” baik sangka “, terutama baik sangka pada Alloh, dzat pemilik segalanya.

Husnuddzon dalam masalah rizki, bahwa anda yakin & benar percaya Alloh akan menganugerhkan kecukupan & keberlimpahan rizki dalam hari-hari anda, maka pasti anda akan mendapatkan yg anda yakini, tapi kebanyakan kita kurang benar2 yakin bahwa Alloh mampu menganugerahkan segala yg kita perlukan dalam hidup .

Selalu positif & berbaik sangka merupakan modal awal memperoleh rizki yg halal & berlimpah …

Feb 082014
 

46464_125308410964989_349361286_n

Cinta merupakan ” cahaya “,yg Alloh campakkan dalam hati manusia, rasa itu datang & pergi sangat cepat, secepat cahaya, karena wujudnya merupakan “Nuur” ,cahaya dari cahaya Tuhan Alloh subhanahu, cinta itu takkan pernah mampu terdefinisikan, karena dia akan memenuhi setiap ruangan, dia akan berbentuk sesuai ruangan yg ada, dia akan berlabuh dimana dia suka, dia mampu menembus waktu & batas, cinta mampu memutar arah jarum jam, mampu menggetarkan segala suasana, mampu meredam permusuhan, persengketaan & meredam ego,cinta mempunyai karekteristik yg bisa menyesusaikan dg suasana & pesona.
Kanjeng Nabi Teecinta bersabda :
المتحابين في على منابر من نور يغبطهم الأولون والأخرون
Orang-orang yg saling mencintai karenaKu (karena Alloh) di tempatkan diatas mimbar2 yg indah, orang2 terdahulu merasa “ghibthoh”(sifat iri yg terpuji) pada mereka, demikian juga orang2 yg hidup di akhir zaman.

Para sahabat selalu mengikat hati mereka dg Nabi tersayang dg tali ” Mahabbah “, rasa cinta itu mampu mengantarkan mereka pada maqam tertinggi,yaitu mengenal Alloh sang pencipta, hingga sekejap tak berjumpa Rosululloh mereka merasa rindu yg tiada batas, rindu yg bersumber dari Alloh dzat pencipta cinta, dg ketulusan cinta ini para sahabat Nabi mampu menundukkan dunia, kerajaan besar di zaman itu mampu di tundukkan dg rasa cinta ..

Para pecinta sejati selalu hidup dalam kebahagiaan & kedamaian, karna mereka merasa aman & tentram mengikatkan hati mereka ( dalam istilah tasawwuf di sebut Robithoh ) dg orang yg di cintai,hingga mampu menimbulkan energi positif, energi untuk berbagi, energi untuk menyayangi, energi untuk tidak mengecewakan, energi untuk ikhlas berkorban, energi untuk slalu berjuang bersama dalam setiap langkah kehidupan.

Bersambung ….

Feb 062014
 

lafadz indah

Web ini boleh dikatakan ilham, atau waaridat ilahiyyah, karna nama drhati.com merupakan brand yg memiliki keindahan dari sisi linguistik, bermakna ganda & penuh makna, karna hati merupakan sentral segala gerak hidup manusia, hati merupakan tolak ukur kesuksesan manusia di dunia & akhirat, hati merupakan satu2nya elemen yg mampu mengantarkan manusia benar2 menyaksikan keindahan sang kholiq Alloh subhanahu.
kata drhati memiliki arti hati yg dzahir & bathin, kami ingin memberikan catatan2 hati, mengantarkan firasat2 hati yg senantiasa mendapat Nur ilahi, hati yg selalu cemerlang dg fikir & dzikir, kami ingin menjadi pelayan hati, hati yg slalu ingin mengenal jati diri, hati yg ikhlas & jujur, bukan hati yg dipenuhi berbagai penyakit mematikan, penyakit yg menjauhkan hati dari kesuksesan dunia & akhirat.
Benarlah sabda sang kekasih hati ” Jika hati anda indah, penuh cahaya sang pencipta hati, senantiasa steril dari penyakit yg merusak, maka jiwa, badan & diri anda di jamin sukses,tentram, menikmati hidup yg indah, penuh kedamaian, sadar bahwa kita hanya berlabuh sementara di dunia yg fana ini… semoga drhati.com mampu menjadi sahabat & dokter anda terutama disaat hati anda ” tidak sehat ” agar kembali normal & sehat … Amiin..

Dec 082013
 

Kaya , kata ini kadang membuat sebagian umat Islam merasa takut , takut di sematkan padanya orang yg berlebel ” cinta dunia ” , takut untuk bersaing & berperang dalam dunia bisnis , takut tak aman dalam setiap perjalanan, takut kehilangan kemalasan, takut untuk bangun pagi , takut menggunakan mobil mewah , takut terlena akan kemewahan & godaan dunia , takut akan hisab di hari qiamat , takut tak lagi menjadi orang miskin, dan banyak lagi ketakutan2 yg anda jadikan sebagai pegangan hidup.

Apakah kaya dalam Islam tercela ?

Islam sebenarnya sudah membuat konsep yg real agar manusia hidup kaya & berkecukupan , konsep yg paling familiar adalah konsep Zakat, namun banyak disalah artikan , bahwa konsep zakat merupakan konsep kemiskinan, zakat mengajarkan kepada manusia agar menjadi seorang ” Muzakki ” ( orang yg mengeluarkan zakat ), konsep membagi kebahagiaan pada saudara yg lain agar termotivasi untuk menjadi ” Pemberi ” bukan menjadi penerima sepanjang masa.

Fenomena yg kita hadapi justru menjadikan  zakat sebagai konsep kemiskinan, seharusnya si penerima zakat ” merasa malu ” untuk menerima zakat lagi di kemudian hari, zakat merupakan konsep ” berkecukupan “, anda jangan pernah merasa bangga ketika istiqamah menjadi penerima zakat, seharusnya anda berpikir satu hadis nabi yg cukup gamblang menjelaskan bahwa “zakat” merupakan “kotoran manusia” yg di haramkan atas Nabi & keluarganya ..

Bersambung …

MasyaAlloh